Jumat, 03 Februari 2017

LAPORAN PENDAHULUAN HARGA DIRI RENDAH




LAPORAN PENDAHULUAN





I.                   MASALAH UTAMA

Gangguan konsep diri  :  harga diri rendah



II.                PROSES TERJADINYA MASALAH

A.    Pengertian

Harga diri rendah adalah perilaku negatif terhadap diri dan kemampuan, yang diekspresikan secara langsung maupun tak langsung. (Scultz dan Videback, 1998).

Tanda Dan Gejala

Ada 10 cara individu mengekspresikan secara langsung harga diri rendah (Stuart dan Sundeen, 1995)

1.      Mengejek dan mengkritik diri sendiri

2.      Merendahkan atau mengurangi martabat diri sendiri

3.      Rasa bersalah atau khawatir

4.      Manisfestasi fisik : tekanan darah tinggi, psikosomatik, dan penyalahgunaan zat.

5.      Menunda dan ragu dalam mengambil keputusan

6.      Gangguan berhubungan, menarik diri dari kehidupan sosial

7.      Menarik diri dari realitas

8.      Merusak diri

9.      Merusak atau melukai orang lain

10.  Kebencian dan penolakan terhadap diri sendiri.

  
B.     Etiologi

Koping mekanisme individu tak efektif. Yaitu koping mekanisme seseorang terhadap stressor yang diterima oleh seorang individu tidak adekuat.


C.     Mekanisme Sebab – Akibat

§  Sebab  : Koping mekanisme seseorang terhadap stressor yang diterima oleh seorang individu tidak adekuat menyebabkan individu malu terhadap dirinya, merasa tidak berguna, tidak berharga dan pesimis.

§  Akibat  : Gangguan Isolasi sosial  : menarik diri

Mekanisme  : Harga diri yang rendah menyebabkan klien merasa malu sehingga klien lebih suka menyendiri dan menghindari orang lain, klien mengurung diri sehingga hal ini dapat menyebabkan klien berfikir yang tidak realistik.



III.             DAFTAR MASALAH
           
DATA
MASALAH
ETIOLOGI
DO  :
  • Penggunaan mekanisme pertahanan tidak sesuai atau ketidak mampuan memenuhi peran yang diharapkan.
  • Tidak mampu memecah- kan masalah
  • Perubahan dalam partisi-pasi sosial
  • Perilaku destruktif yang ditujukan pada diri sendiri maupun orang lain.
  • Tinggi insiden kecelakaan
  • Sering sakit
  • Ketidak mampuan meme-nuhi kebutuhan dasar
  • Penyalahguanaan obat terlarang

DS  :
  • Pengungkapan klien tentang ketidakmampuan untuk mengatasi atau meminta bantuan.
  • Klien melaporkan tentang kesulitan dengan stress kehidupan.
  • Klien mengatakan merasa khawatir dan cemas.

DO  :
  • Klien tampak lebih suka sendiri
  • Bingung bila disuruh me-milih alternatif tindakan
  • Ingin mencederai diri/ mengahiri kehidupan
  • Produktifitas menurun
  • Cemas dan takut

DS  :
  • Klien mengatakan : saya tidak bisa, tidak mampu, bodoh/ tidak tahu apa-apa, mengkritik diri sendiri.
  • Klien mengungkapkan perasaan malu terhadap diri sendiri
  • Klien mengungkapkan rasa bersalah terhadap sesuatu/ seseorang

DO  :
  •  Apatis
  • Ekspresi sedih
  • Afek tumpul
  • Menyendiri/ menghindari orang   lain
  • Berdiam diri di kamar
  • Komunikasi kurang/ tidak ada (banyak diam)
  • Kontak mata kurang (menunduk)
  • Menolak berhubungan dengan orang lain
  • Posisi tidur seperti janin (menekur)
  • Perawatan diri kurang

DS  :
  • Sukar didapat jika klien menolak komunikasi, ka-dang hanya menjawab dengan singkat “tidak”, “ya”
Mekanisme koping individu tak efektif
































Gangguan konsep diri  : harga diri rendah






















Gangguan isolasi sosial : menarik diri
Tidak dapat mengatasi masalah dengan baik

































Mekanisme koping tidak adekuat























Harga diri rendah









 


IV.             POHON MASALAH

Isolasi sosial : menarik diri                                                        akibat

                  ↑


Gangguan konsep diri : harga diri rendah                               core problem



                              ↑






 

Tidak efektifnya koping individu                                               penyebab

                                                                                                (Keliat, 1998)



V.                DIAGNOSA KEPERAWATAN

1.      Isolasi sosial : menerik diri berhubungan dengan gangguan konsep diri : harga diri rendah.

2.      Gangguan konsep diri : harga diri rendah berhubungan dengan tidak efektifnya koping individu



VI.             FOKUS INTERVENSI

  1. Diagnosa Keperawatan : Isolasi sosial : menarik diri b.d gangguan konsep diri : harga diri rendah

A.    Tujuan Umum

Klien dapat mencegah terjadinya isolasi sosial : menarik diri, dalam kehidupan sehari-hari.



B.     Tujuan Khusus

1.      Klien dapat membina berhubungan saling percaya

Kriteria evaluasi :

-          Ekspresi wajah bersahabat

-          Menunjukkan rasa senang

-          Ada kontak mata

-          Mau berjabat tangan dan menyebut nama

-          Mau menjawab salam

-          Klien mau duduk berdampingan dengan perawat

-          Mau mengutarakan masalah   yang dihadapi

Intervensi :

-          Bina hubungan salign percaya dengan menggunakan prinsip komunikasi terapeutik

a.       Sapa klien dengan ramah baik dengan verbal maupun non verbal

b.      Perkenalkan diri dengan sopan

c.       Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai klien

d.      Jelaskan tujuan pertemuan

e.       Jujur dan menepati janji

f.       Tunjukkan sikap menerima klien apa adanya

g.      Beri perhatian kepada kllien dan perhatika kebutuhan dasar klien

Rasionalisasi : hubungan saling percaya merupakan dasar untuk hubungan interaksi selanjutnya.



2.      Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki.

Kriteria Evaluasi :

-          Daftar kemampuan yang dimiliki klien di RS, rumah, sekolah dan tempat kerja.

-          Daftar positif keluarga klien

-          Daftar positif lingkungan klien

Intervensi :

2.1.  Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien, buat daftarnya.

2.2.  Setiap bertemu klien dihindarkan dari memberi penilaian negatif

2.3.  Utamakan memberi pujian yang realistik pada kemampuan dan aspek positif klien.

 Rasionalisasi :

§  Diskusikan tingkat kemampuan klien seperti menilai realitas, kontrol diri atau integritas ego diperlukan sebagai dasar asuhan keperawatannya.

§  Reinforcemen positif akan meningkatkan harga diri klien

§  Pujian yang realistik tidak menyebabkan klien melakukan kegiatan hanya karena ingin mendapatkan pujian.



3.      Klien dapat menilai kemampuan yang digunakan

Kriteria evaluasi :

-          Klien menilai kemampuan yang dapat digunakan di rumah sakit

-          Klien menilai kemampuan yang dapat digunakan dirumah

Intervensi Keperawatan :

3.1.  Diskusikan dengan klien kemampuan yang masih digunakan selama sakit

3.2.  Diskusikan kemampuan yang dapt dilanjutkan pengguanaan di rumah sakit

3.3.  Berikan pujian

Rasionalisasi :

-    Diskusikan pada klien tentang kemampuan yang dimiliki adalah prasarat untuk berubah

- Pengertia tentang kemampuan yang dimiliki diri memotivasi untuk tetap mempertahankan penggunaannya.



4.      Klien dapat menetapkan dan merencanakan kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Kriteria Evaluasi :

-          Klien memiliki kemampuan yang akan dilatih

-          Klien mencoba

-          Susun jadwal harian

Intervensi Keperawatan :

4.1.  Minta klien untuk memilih satu kegiatan yang mau dilakukan di rumah sakit.

4.2.  Bantu klien melakukannya jika perlu beri contoh.

4.3.  Beri pujian atas keberhasilan klien.

4.4.  Diskusikan jadwal kegiatan haria atas kegiatan yang telah dilatih.

Catatan : ulangi untuk kemampuan lain sampai semuanya selesai

4.5.  Rencanakan bersama klien aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari sesuai kemampuan, buat jadwal.

-          Kegiatan mandiri

-          Kegiatan dengan bantuan sebagian

-          Kegiatan yang membutuhkan bantuan total

4.6.  Tingkatkan kegiatan yang disukai sesuai dengan kondisi klien

4.7.  Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh klien lakukan.

Rasionalisasi :

§  Klien adalah individu yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri

§  Klien perlu bertindak secara realistis dalam kehidupannya.

§  Contoh peran yang dilihat klien akan memotovasi klien untuk melaksanakan kegiatan.



5.      Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kondisi sakit dan kemampuanya.

Kriteria Evaluasi :

-          Klien melakukan kegiatan yang telah dilatih (mandiri, dengan bantuan atau tergantung)

-          Klien mampu melakukan beberapa kegiatan mandiri



Intervensi Keperawatan :

5.1.  Beri kesempatan pada untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan.

5.2.  Beri pujian atas keberhasilan klien

5.3.  Diskusikan kemungkinan pelaksanaan di rumah

Rasionalisasi :

§  Reinforcement positif dapat meningkatkan harga diri kllien

§  Memberikan kesempatan kepada klien untuk tetap melakukan kegiatan yang biasa dilakukan



6.      Kllien dapt memanfaatkan sistem pendukung yang ada

Kriteria Evaluasi :

-          Keluarga dapat memberi dukungan dan pujian

-          Keluarga memahami jadwal kegiatan harian klien

Intervensi Keperawatan :

6.1.  Beri pendidikan kesehatan pada keluarga tentang cara merawat klien denga harga diri rendah.

6.2.  Bantu keluarga memberikan dukungan selama klien dirawat

6.3.  Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah.

6.4.  Jelaskan cara pelaksanaan jadwal kegiatan klien di rumah

6.5.  Anjurkan memberi pujian pada klien setiap berhasil

Rasionalisasi :

§  Mendorong keluarga akan sangat berpengaruh dalam mempercepat proses penyembuhan klien

§  Meningkatkan peran serta keluarga dalam merawat klien di rumah.








DAFTAR PUSTAKA

                       

Carpenito, Lynda Jual. (1998). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. EGC, Jakarta.

Stuart dan Sundeen. (1995). Buku Saku Diagnosa Keperawatan Jiwa. Edisi 3. EGC. Jakarta.

Keliat, Budi Anna. (1998). Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa. EGC. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar